Berusahalah Memahami Apa Yang Dimaksud (kan) Bukan Apa Yang Diucap (kan)

ikan

Selasa, 29 Mei 2012

KLASIFIKASI IKAN JAMBAL SIAM (Pangasius hypopthalmus)


Saanin (1968), dalam taksonominya mengklasifikasikan ikan patin termasuk phylum Chordata, kelas Pisces, ordo Ostariophysi, family Pangasidae, genus Pangasius dan spesies Pangasius sucthi. Selanjutnya Robert dan Vithayanon (dalam Idasary dan Adelina 2000), menyatakan bahwa nama jenis impor yang dikenal dengan nama Pangasius sucthi telah mengalami perubahan sinonim menjadi Pangasius hypopthalmus.
Menurut Sumantadinata dalam Fitri (2006), Ikan patin termasuk jenis catfish air tawar, dengan ciri morfologi sebagai berikut: mempunyai badan yang memanjang dan pipih, posisi mulut subterminal ( bawah, dengan empat sungut, sirip pungggung berdiri, bersirip tambahan (adifose fin), bentuk sirip agak bercagak dengan bagian tepi bewarna putih dengan garis hitam ditengah, 150 cm.
Ikan jambal siam bersifat nokturnal (melakukan aktivitas dimalam hari) sebagaimana umumnya ikan catfish lainnya. Selain itu ikan jambal siam suka bersembunyi didalam liang-liang ditepi sungai yang merupakan habitat hidupnya, hal yang membedakan ikan jambal siam pada ikan catfish pada umumnya yaitu sifat ikan jambal siam termauk omnivora atau golongan pemakan segala. Di alam makanan ikan ini antara lain ikan-ikan kecil lainnya, cacing, detritus, serangga, biji-bijian, udang-udangan kecil, dan moluska (Susanto dan Amri, 1996)
Menurut Siregar (1995), bahwa komposisi kimia ikan jambal siam adalah 14-16% protein, lemak 6-13%, Kadar air 75-80% dan kandungan lemaknya semakin tinggi dengan semakin besarnya ukuran ikan.


DAFTAR PUSTAKA

Fitri. 2006. Pengaruh Penambahan Asam Asetat Dengan Konsentrasi Berbeda Terhadap Ikan Jambal Siam (Panagasius suchi) Asap. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Riau. 54 Halaman (tidak diterbitkan).
Saanin, H. 1968. Taksonomi dan Kunci identifikasi ikan Jilid I dan II. Bina Cipta, Bandung 250 halaman.
Siregar, Y.I. 1995. Influence of Dietary Protein Growth. Dress-Out Yield and Body Composition of Pangasius sutchi. Laporan Penelitian. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Riau, Pekanbaru. 50 halaman. (tidak diterbitkan).
Susanto, H, dan Amri K. 1996. Budidaya Ikan Patin. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar