Berusahalah Memahami Apa Yang Dimaksud (kan) Bukan Apa Yang Diucap (kan)

ikan

Sabtu, 07 Januari 2012

Pasang Merah ( Red Tide )


Pasang Merah ( Red Tide )
Pasang merah adalah peristiwa ledakan populasi alga (alga bloom) salah satu spesiesdinoflagelata. Organisme ini hadir dalam jumlah besar sehingga menyebabkan air menjadi berwarna merah atau coklat. Spesies yang bertanggung jawab pada pasang merah di teluk Florida adalah Karenia brevis. Dinoflagelata ini menghasilkan racun yang disebut brevetoksin yang menyebabkan iritasi pernapasan pada manusia.
Penyebab utama pasang merah adalah pencemaran air di daerah pesisir oleh manusia. Biasanya, pencemaran menyebabkan pasokan makanan bagi alga berlimpah sehingga populasi alga bertambah dengan sangat cepat. Beberapa peristiwa pasang merah di Pantai Pasifik disebabkan oleh el nino serta naiknya suhu air laut.
Beberapa pasang merah menghasilkan sejumlah besar racun, misalnya saksitosin dan asam demoat yang merusak system saraf. Pasang merah meningkatkan kematian ikan. Jika burubg laut memakan ikan yang mati, maka burung tersebut juga akan terpengaruh dan akhirnya mati. Akumulasi racun pada kerang jika dimakan oleh manusia juga mengakibatkan keracunan bahkan kematian.
Sumber, Salomon et al. 2005; Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar